HPPMI Maros Adakan Demonstrasi Terkait Praktik Kartel Yamaha dan Honda

0
HPPMI Maros Adakan Demonstrasi Terkait Praktik Kartel Yamaha dan Honda

SuperNews.ID, Maros – Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Maros menggelar Aksi demonstrasi terkait adanya dugaan penipuan yang dilakukan perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM) di Kota Maros, Senin, (20/3/2017).

Aksi ini menyoroti adanya pelanggaran undang-undang No 5 Pasal 5 tahun 1999 tentang penetapan harga, yang dilakukan oleh perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM) hal ini dibuktikan dengan adanya surat keputusan dari Komisi Pengawasan Persaingan Asaha (KPPU).

Dua perusahaan tersebut diputuskan terbukti melakukan praktik kartel sesuai perkara 04/KPPU-I/2016 tentang dugaan kartel yang di bacakan saat sidang di kantor KPPU Jakarta 22 Februari 2016 lalu.

“Perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM) telah memanipulasi harga motor matic 110cc-125cc dengan harga yang cukup tinggi, padahal Komisi Pengawasan  Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan bahwa harga produksi motor matic hanya kisaran Rp 7jt-8jt, Ini adalah penipuan terhadap konsumen,” Terang Afdhalurijal selaku Jendral Lapangan.

Dalam aksi tersebut, beredar pula Surat Pernyataan yang berisi tuntutan tentang: 1) menurunkan harga jual motor matic 110 cc-125 cc, 2) kembalikan kerugian yang dialami konsumen, 3) mendesak pihak yang berwajib dalam hal ini pihak kepolisian untuk menghimbau kepada Yamaha Maros dan Honda Maros untuk menurunkan harga jual motor matic 110 cc-125 cc, dan 4) stop penjualan motor matic 110 cc – 125 cc. Yang ditanda tangani oleh Afdhalurijal, Sang Jenderal Lapangan. (SYF)

loading...