Barcelona Kembali ke Puncak

0
Foto: fcbarcelona.com

Barcelona sukses mencukur tim papan bawah, Sporting Gijon enam gol tanpa balas dalam lanjutan pekan ke-35 La Liga Spanyol, Mingu (24/4). Srtiker andalan mereka, Luis Suarez berhasil memborong empat gol, dan dua gol sisanya dicetak masing-masing oleh Lionel Messi dan penalti Neymar.

Kemenangan ini membuat pasukan Luis Enrique mengumpulkan 82 poin dari 35 laga dan sekaligus merebut kembali posisi puncak yang beberapa jam sebelumnya dikuasai Atletico Madrid. Meskipun Barca dan Atletico memiliki poin sama 82, akan tetapi Blaugrana berhak duduk di puncak klasemen karena unggul dalam produktivitas gol.

Tampil sebagai tuan rumah, Barcelona terlihat nyaman memainkan penguasaan bola ciri khas mereka. Sporting Gijon pun terlihat sebagai tim inferior pada pertandingan kala itu.

Meskipun begitu, Barca hampir dikejutkan oleh penyerang Gijon, Alex Menendez. Menendez berhasil melewati kawalan Gerard Pique, namun sontekan akhir Menendez masih bisa dihalau dengan baik oleh Claudio Bravo.

Barcelona akhirnya bisa membuka keunggulan di menit ke-12 melalui mega bintang mereka, Lionel Messi. Messi berhasil mencetak gol setelah menerima bola muntah dari kiper Gijon yang salah dalam mengantisipasi bola kiriman Iniesta kepada Suarez di dalam kotak penalti. Dengan mudah La Pulga menanduk bola ke gawang yang kosong. 1-0 Bacelona unggul.

Setelah unggul satu gol Barca semakin gencar melakukan serangan ke pertahanan Gijon. Iniesta nyaris menggandakan keunggulan Barca di menit ke-38. Sayang, bola sepakannya justru melambung.

Barcelona menutup paruh pertama dengan keunggulan 1-0.

Babak kedua permainan tidak berubah. Anak asuh Enrique masih mendominasi permainan. Serangan demi serangan terus mereka lancarkan ke jantung pertahanan Gijon.

Namun, Barcelona baru bisa menggandakan keunggulan di menit ke-62 lewat sontekan Luis Suarez. Umpan Iniesta disambar penyerang Uruguay dan berhasil merobek gawang yang dijaga Pichu Cuellar.

Menit ke-74 dan 77 Barcelona dihadiahi penalti oleh wasit. Suarez menjalankan dua tugasnya sebagai eksekutor penalti dengan baik dan membuat Barcelona menjauh 4-0.

Lagi-lagi Messi cs mendapat keuntungan penalti di menit ke-85 setelah Neymar dijatuhkan Vranjes di kotak penalti. Neymar yang maju sebagai eksekutor sukses memperdaya Cuellar. 5-0 Barca semakin di atas angin.

Pesta gol Barcelona akhirnya ditutup oleh sepakan Suarez di menit ke-88. Hingga peluit panjang Barcelona menang 6-0 atas Sporting Gijon.

Susunan pemain kedua tim:

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo; Pique, Jordi Alba, Mascherano, Sergi Roberto, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Messi.
Pelatih: Luis Enrique

Gijon (4-2-3-1): Pichu Cuellar; O. Vranjes, Luis Hernandez, Alex Menendez, I. Lichnovsky, Isma Lopez, Ait-Atmane, Omar Mascarell, Pablo Perez, Halilovic, Guerrero.
Pelatih: Abelardo