Menkominfo Budi Arie Minta Masyarakat Laporkan Jika Temukan Konten Hoaks Terkait Pemilu 2024

SUPERNEWS.ID, – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) meminta masyarakat melapor bila menemukan ada konten informasi bohong atau hoaks mengenai pemilu 2024.

Adapun permintaan ini sejalan dengan kampanye yang sedang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu “Awas Hoaks Pemilu!”.

“Ya masyarakat kasih aja (konten hoaks pemilu) ke saya, nanti kita cekin,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi ketika ditemui di kantornya, Jumat (27/10/2023).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan bahwa masyarakat bisa melaporkan konten hoaks melalui situs aduankonten.id

Masyarakat juga bisa melaporkan konten hoaks pemilu maupun konten hoaks lainnya melalui WhatsApp dengan nomer yang tertera di situs tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui cara membedakan mana hoaks mana fakta, Semuel mengatakan Kominfo memiliki situs yang bisa menjadi rujukan masyarakat.

“Ada https://komin.fo/inihoaks. Pokoknya di situs itu tiap kali debunking, itu ada fakta dan hoaksnya,” ujar Semuel.

“Pokoknya di situ lengkap. Ada bentuk hoaksnya, ada bentuk faktanya,” kata Budi Arie menambahkan.

Budi juga mengatakan, penggunaan AI pada tahun politik kali ini lebih canggih dibandingkan dengan masa pemilu 2019 yang lalu.

“Ya belum canggih (pada pemilu 2019), Kalau sekarang kan canggih banget. Sekarang ada konten mukanya kamu, suaranya kamu, padahal bukan kamu. Dipikir beneran, orang berantem dong nanti kalau orang mukanya dipakai kayak asli,” ujar Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *