Sah, Anggota Baru IKA FKM Untad Resmi Dikukuhkan

0
173

Palu, Supernews.id – Anggota baru Ikatan Alumni FKM Untad telah dikukuhkan dan dihadiri langsung oleh Koordinator Presidium Ikatan Alumni Untad Arifin Sanusi, SH., MH yang dilaksanakan hari minggu (14/04) pukul 10.00 WITA di Aula FK Untad.

Kegiatan pengukuhan anggota baru IKA FKM Untad ini dirangkaikan juga dengan pengangkatan sumpah Profesi Ahli Kesehatan Masyarakat (AKM) Indonesia oleh pengurus daerah IAKMI Sulteng.

Dalam sambutannya, Ketua IAKMI Sulteng Arwan, SKM., M. Kes mengungkapkan bahwa prosesi angkat sumpat tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari proses amanah UU tenaga kesehatan.

“Prosesi sumpah profesi ahli kesehatan masyarakat merupakan proses awal yang selanjutnya nanti akan terus dilaksanakan dan disosialisasikan kepada perguruan tinggi, terkhusus yang membina program study kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Dia melanjutkan bahwa “selain karena ini amanah UU tenaga kesehatan, sumpah ahli kesehatan masyarakat ini pada dasarnya mempertegas posisi ahli kesehatan masyarakat dalam melaksanakan tugas – tugasnya sebagai tenaga kesehatan serta dalam rangka memenuhi kepentingan administrasi bagi AKM,”.

Dekan FKM Untad Dr. Nurdin Rahman, M. Si dalam sambutannya pun mengatakan bahwa upaya pengangkatan sumpah AKM melalui diskusi yang panjang dikarenakan adanya beberapa penolakan terkait pelaksanaan sumpah AKM tersebut.

“Pengangkatan sumpah AKM ini telah kami diskusikan dan memutuskan untuk melaksanakannya dengan pertimbangan akan kebutuhan alumni – alumni perguruan tinggi khususnya alumni FKM Untad,” ungkap Dekan FKM Untad.

Pengukuhan anggota baru IKA FKM Untad

Dr. Nurdin Rahman, M.Si juga menyinggung soal polemik dan wacana kontroversi pengangkatan sumpah AKM yang terus bergulir diberbagai kalangan.

“Ada beberapa pihak yang menolak pelaksanaan kegiatan ini, akan tetapi FKM Untad tidak akan membiarkan alumninya berada dalam ketidakpastian,” tegasnya.

Dia melanjutkan bahwa “FKM Untad tidak perlu menunggu selesainya proses kontroversi pengangakatan sumpah AKM ini lalu mengambil keputusan untuk membantu alumni FKM Untad dalam urusan administrasi berkaitan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan,”.

Disisi lain, Ketua IKA Untad Sri Wahyuni Tahir mengungkapkan bahwa OP dan IKA dapat menjadi mitra dalam rangka eksistensi alumni termasuk manyelesaikan masalah – masalah yang tengah dialami oleh alumni terkhsusu alumni FKM Untad.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Firmansyah, SKM., M. Kes berharap kegiatan tersebut menjadi awal dari kepengurusan IKA FKM Untad.

“Ini adalah langkah awal bagi anggota baru IKA FKM Untad dan semoga anggota yang baru saja dilantik akan melaksanakan tugas – tugas yang telah diberikan kepada mereka,” tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan pengukuhan anggota baru IKA FKM Untad yang kemudian dirangkaikan dengan pengangkatan sumpah AKM ini terselenggara atas kerjasama antara IKA FKM Untad, FKM Untad dan IAKMI Sulteng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here